Beberapa Terapi Menghilangkan Stress

Terapi Menghilangkan Stress
Stress secara sederhana bisa diartikan sebagai kondisi dimana terdapat tekanan secara fisik maupun psikis dari dalam diri ataupun lingkungan sekitar. Stress bisa terjadi karena faktor eksternal maupun internal. Tuntutan hidup yang semakin kompleks dan tidak diikuti dengan manajemen mental akan menimbulkan konflik dalam diri seseorang. Untuk menghindari ataupun juga mengusir serangan stress, diperlukan beberapa metode yang biasanya bergantung pada kondisi orang tersebut. Metode mengatasi stress antara lain dengan pendekatan farmakologis, perilaku, kognitif, meditasi, terapi hypnosis dan juga terapi menghilangkan stress dengan musik. Dua metode terakhir cukup banyak diminati sebab cenderung lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan cara lainnya.

Menjinakkan Stress Dengan Musik

Salah satu terapi mengusir stress adalah dengan menggunakan musik. Jenis terapi ini masih terbilang baru dalam dunia keperawatak. Di Indonesia, sudah ada beberapa ahli yang meneliti hal ini dan menemukan fakta bahwa pemberian intervensi terapi musik klasik pada mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi memberikan pengaruh berupa penurunan hormon adrenokortikotropik (ACTH) atau hormon stress. Hal ini kemudian menyebabkan seseorang menjadi lebih rileks dan tenang sebab musik klasik merangsang pengeluaran senyawa endorphine dan serotonin, yakni sejenis morfin alami dalam tubuh.
Tak hanya itu, peneliti tersebut juga menemukan fakta bahwa secara fisik intervensi musik klasik juga mampu mempengaruhi aktivitas sistem saraf otonom di dalam tubuh dengan munculnya beberapa respon yang bersifat spontan dan cenderung tidak terkontrol, misalnya mengetukkan jari. Musik klasik juga dapat mempengaruhi pola pernafasan, tingkat denyut jantung, denyut nadi, tekanan darah, mengurangi ketegangan otot dan memperbaiki sistem gerak juga kordinasi tubuh, memperkuat ingatan, meningkatkan produktivitas suhu tubuh, serta mengatur  beberapa hormon yang berkaitan dengan stres. Terkait dengan penggunaan jenis musik, bergantung pada selera Anda. Akan tetapi, pada prinsipnya penggunaan musik klasik memberikan hasil yang lebih optimal sebab intervensi nadanya lebih kaya.

Melawan Stress Dengan Hypnosis

Terapi mengusir stress lainnya adalah dengan hypnosis. Secara harfiah, kata hypnosis berasal dari kata “hypnos” yangmerupakan nama dewa tidur dari Yunani. Meski demikian, hypnosis sama sekati tidak berhubungan dengan kondisi tidur. Sebab orang yang tertidur tidak bisa sama sekali menyadari suara dan sentuhan dari sekitarnya. Sedangkan orang yang sedang dalam pengaruh hypnosis bisa mendengar dengan jelas serta memberi respon atas informasi yang diterimanya meski ia dalam keadaan istirahat (terlihat seperti tertidur).

Menurut U.S. Department of Education, Human Services Division, hypnosis merupakan penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti oleh diterimanya suatu pemikiran atau sugesti. Hypnosis pada hakekatnya seni mengolah pikiran. Dalam keadaan ini, sugesti bisa diterima dengan baik. Oleh sebab itu, banyak ahli hypnosis yang menggunakan teknik ini untuk mengusir stress. Dalam percabangan ilmunya, hypnosis dibagi lagi ke dalam 5 jenis yakni Hypnotheraphy atau Clinical Hypnosis, Medical and Dentla Hypnosis, Comedy Hypnosis, Forensic Hypnosis, dan  Metaphysical Hypnosis. Adapun jenis yang umumnya digunakan pada penderita gangguan mental seperti stress adalah Hypnotheraphy atau Clinical Hypnosis.

Cara kerja Hypnosis sebenarnya cukup sederhana yakni dengan memasuki pikiran bawah sadar seseorang. Dalam dunia Hypnosis memang dipercaya bahwa pikiran manusia serupa lapisan kulit bawang. Dan lapisan tersebut terdiri dari pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Conscious mind atau pikiran sadar adalah proses mental yang Anda sadari dan bisa untuk dikendalikan sedangkan pikiran bawah sadar sebaliknya. Dengan memasuki alam bawah sadar seseorang, kita bisa mengutak-atik dan menanamkan sugesti untuk mempengaruhi kebiasaan, mengendalikan emosi, memory, kepribadian, dan banyak lagi lainnya.

Pada prinsipnya terapi menghilangkan stress, baik itu dengan music atau hypnosis, merupakan langkah jitu untuk melumpuhkan stress. Kedua teknik ini sebenarnya menanamkan sesuatu yang positif dalam diri Anda. Namun, jika Anda merasa tingkatan stress yang Anda alami cukup kronis, ada baiknya Anda langsung berkonsultasi kepada para professional seperti dokter maupun psikiarti untuk membaca kondisi Anda melalui pemetaan medis.