Tips Cara Menghilangkan Stress

Cara Menghilangkan Stress
Stress merupakan kondisi dinamik dimana seseorang tak lagi bisa mengolah respon secara proporsional terhadap berbagai tekanan serta dinamika sosial dalam kesehariannya. Stress pada dasarnya menyangkut masalah kejiwaan yang berbuntut pada masalah kesehatan terutama menurunnya fungsi organ dalam tubuh. Stress memang terkesan sederhana, tapi tahukah Anda bahwa menganggap remeh stress akan mengantarkan Anda pada kondisi stress kronik yang bisa saja berujung pada kematian. Sayangnya, cukup sulit untuk mengidentifikasi gejala awal stress sebab efeknya berjalan lambat. Tetapi bukan berarti stress tak bisa dihilangkan. Berikut beberapa cara menghilangkan stress yang dirangkum dari berbagai sumber.
Mengurangi Penyebab Stress Eksternal Dan Internal

Langkah ini bisa dimulai dengan mencermati kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, membatasi perubahan yang tak diperlukan, melakukan time blocking atau menyediakan waktu khusus untuk menfokuskan diri dalam hal beradaptasi dengan penyebab stress. Hal lain yang penting dalam kerangka ini adalah time management yakni cara menghilangkan stress dengan cara membagi secara tepat dan taktis hal-hal yang hendak dilakukan. Biasanya, jika perencanaan telah terperinci, kecemasan yang berujung pada stress bisa dihindari. Hal lain yang bisa membantu Anda lepas dari stress adalah dengan memodifikasi lingkungan kerja yang merupakan faktor eksternal penyebab stress. Sedangkan untuk menghalau stressor internal, hal paling mendasar yang harus dilakukan adalah dengan membangun pikiran positif dalam kondisi apapun.


Perbaki Nutrisi Dan Pola Relaksasi

Cara menghilangkan stress selanjutnya adalah dengan mengatur pola konsumsi juga relaksasi. Banyak menyantap makanan sehat akan membantu melepas hormon dophin dan serotonin yang bisa membuat Anda lebih santai dan nyaman juga bahagia. Makanan tertentu seperti coklat, almond, es krim, bayam, seledri juga beberapa jenis buah-buahan dikenal sangat ampuh melepas perasaan bahagia sehingga stress tidak lagi mendominasi. Cara lainnya adalah mengatur jadwal istirahat dengan baik sehingga tubuh bisa beristirahat untuk mengumpulkan energi positif. Proses relaksasi lainnya adalah dengan cara beristirahat dari rutinitas harian dan melakukan kegiatan yang merupakan hobi Anda. Dengan demikian, perasaan bahagia mudah Anda dapatkan.

Selain hal di atas, penting juga untuk melakukan aktifitas fisik semacam olahraga agar badan lebih bugar dan pikiran lebih segar. Olahraga sejatinya tidak hanya menguatkan jasmani tetapi juga berperan menyeharkan rohani seseorang. Selain itu, mendekatkan diri pada Tuhan juga merupakan langkah relaksasi yang baik. Kedekatan dengan Tuhan membuat Anda lebih ringan menghadapi semua persoalan hidup. Perbanyak berdoa sebab doa pada hakekatnya merupakan sugesti yang dikenal mampu menenangkan diri seseorang.

Berkonsultasi Dengan Para Profesional

Selain cara menghilangkan stress yang disebutkan di atas, langkah lain yang bisa Anda tempuh adalah dengan berkonsultasi dengan psikiatri atau dokter. Namun, cara ini bukan lagi menjadi sebuah opsi jika Anda telah berada pada tingkatan stress kronis. Pengobatannya tidak lagi melalui langka-langkah sederhana seperti disebutkan sebelumnya. Stress kronis harus ditanggulangi melalui langkah medis dengan menggunakan pendekatan farmakologis.