Makanan Nikmat Penghilang Stress

Makanan Penghilang Stress
Stress mengacu pada kondisi di mana seseorang tak lagi mampu menghalau tekanan dari dalam diri ataupun dari lingkungannya. Sebagai akibatnya, seseorang yang diserang stress sulit untuk berkonsentrasi, pemurung, menolak untuk bersosialisasi, dan bisa saja berujung pada kematian akibat bunuh diri. Menghalau stress memang tak selalu mudah. Tetapi tahukah Anda bahwa beberapa jenis makanan bisa membahagiakan Anda dan mengusir stress jauh-jauh? Berdasarkan penelitian klinis, serotonin (senyawa yang bertanggungjawab atas rasa bahagia) bisa dirangsang dengan mengkonsumsi makanan penghilang stress semisal coklat, es krim, dan lain-lain. Tak percaya? Berikut uraiannya. 
Dari Brokoli Hingga Ikan

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran super yang cukup baik bagi tubuh manusia. Tanaman berwarna hijau ini mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi dan juga asam folat dan vitamin B. Asam folat diketahui membantu menghilangkan stress, mengurangi perasaan cemas, sampai depresi. Sementara itu, menurut Beth Reardon, seorang pakar nutrisi dari Duke Integrative Medicine in Durham, North Carolina, konsumsi minimal tiga mangkuk bayam dalam sehari mampu mensuplai 40% kebutuhan magnesium. Magnesium ini sendiri dikenal sebagai mineral yang mampu mengurangi efek stres di dalam tubuh dengan cara mencegah tekanan darah melonjak.

Tak hanya brokoli dan bayam yang digolongkan sebagai makanan penghilang stress, ternyata beberapa jenis buah juga diketahui sama ampuhnya melawan stress. Buah-buahan mengandung rasa gula alami, yang jika dikonsumsi dalam jumlah besar pun tidak terlalu mempengaruhi kadar gula tubuh manusia. Untu mengurangi rasa stress dan depresi, buah-buahan misalnya jeruk dan juga buah tropis lainnya akan membantu meningkatkan energi.

Selain sayuran dan juga buah-buahan, tahukan Anda bahwa ikan juga ternyata dimasukkan ke dalam jenis makanan penghilang stress? Kandungan omega 3 dalam ikan-ikan laut seperti salmon dan tuna bisa meningkatkan kemampuan otak dan mereduksi potensi kepikunan. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Diabetes & Metabolism, partisipan yang mengonsumsi ikan tersebut selama 3 minggu diketahui mengeluarkan hormon anti stres yang lebih tinggi saat melakukan beberapa tes kognitif.

Dari Cokelat Hingga Almond

Sejak lama, para ahli telah menggolongkan cokelat dan juga penganan lain yang memakai bahan cokelat sebagai makanan penghilang stress yang paling banyak diminati. Rasa nikmat coklat yang khas mampu merelaksasi pikiran dan tubuh seseorang. Coklat disinyalir meningkatkan level zat-zat neurotransmitter ke otak. Hal ini kemudian merangsang pelepasan hormon yang membuat mood lebih baik seperti serotonin  dan juga dophamin. Memang coklat mengandung caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine yang dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi. Istimewanya, kandungan phenethylamine pada coklat juga mampu membuat Anda selalu merasa jatuh cinta.

Selain cokelat, kacang almond  yang mengandung vitamin B2, vitamin E, magnesium, dan Seng juga ternyata ampuh mengusir stress. Vitamin B dan magnesium terlibat dalam produksi serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan mengurangi stress. Sementara itu zinc mampu melawan beberapa efek negatif dari stress. Terakhir, kandungan vitamin E pada almond berfungsi sebagai antioksidan yang menghancurkan radikal bebas yang biasanya terkait dengan penyakit stress dan jantung.

Masih ada banyak makanan penghilang stress yang bisa Anda nikmati. Misalnya, yoghurt, wortel, kacang merah, sarden, gandum utuh dan lain-lain. Tak hanya makanan, minuman semacam teh herbal dan air kelapa juga dikenal memiliki efek relaksasi yang baik untuk menenangkan pikiran seseorang. Selamat mencoba!