5 Cara Mengatasi Ketakutan

cara mengatasi ketakutan
Setiap kita pasti pernah mengalami rasa takut dengan beragam alasan. Ada yang takut pada hal-hal mistis, ada yang takut pada ketinggian, takut gelap dan alasan-alasan lainnya. Meski umum dialami, namun dalam kondisi tertentu rasa takut ini bisa menghambat dan bahkan memperburuk suatu keadaan. Nah, karenanya penting juga untuk memahami cara mengatasi ketakutan, terutama yang telah sampai pada tahapan yang berlebihan. Berikut kami sajikan beberapa tips manjur yang bisa Anda coba. Silahkan disimak.

  1. Percayalah bahwa 98% hal yang kita takutkan justru tidak pernah terjadi. Jadi, jangan menyibukkan kepala Anda dengan bayangan-bayangan tidak pasti hanya karena Anda takut pada sesuatu yang sebenarnya tidak pernah ada dan bahkan tidak akan ada.
  2. Dalam kondisi ketakutan, dada kita biasanya akan berdegup lebih kencang, telapak tangan berkeringat dan kita akan mudah panic. Untuk membantu menghilangkan hal tersebut, cobalah tarik napas dan hembuskan perlahan. Lakukan berulang-ulang hingga gelaja hilang dan rasa takut Anda berkurang.
  3. Cara mengatasi ketakutan yang baik adalah dengan menenangkan pikiran Anda terlebih dahulu. Buatlah secangkir teh, berjalan-jalanlah di sekitar rumah, atau mandilah dengan air hangat, semuanya adalah cara yang baik untuk merilekskan tubuh Anda. Saat tubuh santai, pikiran juga akan santai dan Anda dengan jernih bisa mengatasi rasa takut Anda.
  4. Hadapi sumber rasa takut akan membuat Anda mudah mengatasi ketakutan Anda. Misalkan Anda takut dengan ruang sempit lift, cobalah untuk menguatkan diri di dalam lift. Perlahan, rasakan ketakutan Anda dan lihatlah apa yang terjadi. Tak ada! Berarti apa yang Anda bayangkan pada lift tidak terjadi bukan? Terkadang jika kita menghadapi rasa takut itu sendiri maka ia akan lenyap dengan sendirinya.
  5. Membaca doa sesuai keyakinan Anda adalah cara mengatasi ketakutan yang paling terbaik. Saat kita berdoa, ketenangan batin akan membuat tubuh jauh lebih nyaman dan hati jadi tenang. Dengan kondisi tersebut, rasa takut akan sulit menyelinap di hati dan kepala Anda.