Beberapa Tips Menghilangkan Rasa Cemas

Menghilangkan Rasa Cemas
Cemas merupakan perasaan was-was yang sering menghinggapi manusia. Kabarnya, manusia memang akan selalu merasakan hal ini. Dan dalam kondisi tertentu masih dikategorikan wajar. Hanya saja, jika perasaan cemas tersebut dibiarkan, bisa saja melebar ke tahapan yang tidak lagi normal. Dalam kondisi tertentu, cemas yang tidak diatasi bisa merembet ke persoalan kejiwaan seperti halusinasi dan semacamnya. Jadi, jika Anda mencemaskan sesuatu, segeralah mencari cara agar perasaan itu hilang. Berikut kami sajikan beberapa tips dan cara menghilangkan rasa cemas yang berlebihan.

  1. Jika Anda mencemaskan hal yang belum terjadi, misalnya hasil ujian, pastikanlah takarannya tidak berlebihan. Cemas yang demikian biasanya merupakan campuran dari rasa ingin tahu dan juga ketakutan akan fakta Anda tidak lulus. Perasaan ini wajar, tapi cobalah perlahan unutk meyakini bahwa Anda telah melakukan usaha terbaik sebisa Anda. Hasilnya adalah bagian dari skenario takdir. Jadi menerima, apapun itu, adalah hal yang mutlak.
  2. Apabila Anda mencemaskan akibat dari sesuatu yang telah terjadi, misalnya akibat Anda menabrak seseorang, pastikan Anda menenangkan diri dan mengecek keseluruhan pristiwa. Yakinkan diri Anda bahwa semuanya akan jauh lebih baik jika dihadapi dengan kepala dingin ketimbang kepanikan dan rasa cemas yang justru akan memperburuk masalah.
  3. Cara lain menghilangkan rasa cemas adalah dengan mendekatkan diri lebih intim dengan Tuhan. Perbanyaklah berdoa. Sesungguhnya doa memiliki sisi magisnya sendiri. Dari kajian psikologis, doa merupakan sugesti terhadap diri yang sangat ampuh. Jadi walau doa Anda tak terjawab, tapi perasaan tenang akan melingkupi jiwa Anda secara alamiah.
  4. Cara menghilangkan rasa cemas lainnya adalah dengan menarik napas yang dalam dan dihembuskan secara perlahan. Tips ini akan meringkankan kepala Anda, menjadikan rasa cemas sedikit teratasi dengan kelegaan kecil yang menenangkan.
  5. Tak ada salahnya juga berbagi kecemasan Anda dengan orang terdekat. Terkadang dengan bercerita, tali simpul yang membuat kepala Anda diikat cemas akan perlahan terbuka.
Selamat mencoba ya! Dan, selamat tinggal cemas.